how to keep silence? pelecehan seks atas pendeta perempuan

I have a comment from west africa, read it!“keep up the spirit of speaking your mind… waking up the grass-root to exercise democracy the right way. don’t get frustrated easily – set the example… -) nice to have found your blog, kind regards from west africa.”

Is it a support? and how to keep silence? if someone else, give an email like this [keep reading – until end] enjoy it!

pelecehan terhadap pendeta perempuan (mohon dibaca dan dukungan terhadap korban)

mohon dukungan kasus pelecehan pendeta perempuan oleh pimpinan pendeta hkbp

teman – teman sekedar informasi tambahan bahwa pelaku adalah orang yang mempunyai kekuasaan yang besar dan mempunyai banyak teman-teman orang2 yang juga punya kekuasaan. sekedar informasi ada indikasi beberapa orang “penting” yang coba mencoba menutupi dengan atas nama lembaga agama dan politik. selain itu selalu ada kesan juga untuk kepentingan korban, padahal
korban sendiri merasa bingung tidak tenang karena semua orang menstigma buruk kepada korban.
padahal korban sendiri ingin mendapat dukungan lebih besar dari banyak orang dan lembaga (minimal itu aku dengar sendiri dari ucapan suami korban via telpon).

kronologis dan penanganan kasus pelecehan seksual terhadap reni elisabeth simanjuntak, sth
identitas korban :

• nama : reni elisabeth simanjuntak, sth

• umur : 34 tahun

• pekerjaan : calon pendeta

• status : sudah berkeluarga dengan suami th. hutagalung, sh

identitas pelaku :

• nama : mkhs

• umur : 50 thn

• pekerjaan : pendeta

• jabatan : praeses hkbp distrik x medan aceh

hubungan korban dengan pelaku:

  • korban adalah calon pendeta yang baru dua bulan ditugaskan di distrik x medan aceh

  • korban adalah salah satu staff pelaku

  • catatan : ada hubungan pekerjaan antara atasan dan bawahan dan hal tersebut berarti ada relasi kuasa antara korban dan pelaku

uraian kejadian:

  • terjadi pada hari jumat tanggal 04 mei 2007 sekitar pukul 11.00 wib di kantor hkbp distrik x medan aceh pada saat pelaku memanggil korban keruangannya dengan tiba-tiba langsung memeluk,
    mencium pipi, meraba, meremas dan memukul pantat korban sebanyak tiga kali ;

  • korban berusaha meronta dan mengingatkan bahwa korban telah bersuami dan mengingatkan bahwa itu tidak pantas dilakukan oleh seorang hamba tuhan namun pelaku tidak mengindahkan;

  • perbuatan pelaku tidak diteruskan karena ada salah seorang staff masuk keruangan

  • korban langsung keluar dan masuk kekamar mandi sambil menangis ;

  • esok harinya, sabtu 05 mei 2007 korban tidak masuk kerja karena masih trauma dengan kejadian tersebut ;

  • senin 07 mei 2007 sekitar jam 10.00 wib, korban kembali bekerja seperti biasa dengan dihantui rasa trauma dan ketakutan ;

  • korban tidak bersedia lagi dipanggil keruangan pelaku karena takut terulang ;

  • seluruh staff dan pelaku siap-siap akan pergi sermon, dan korban diminta pelaku tinggal menjaga kantor ;

  • sebelum berangkat pelaku memanggil korban keruangannya tapi korban udah takut dan hanya menjawab dari jauh sambil membuka jendela lebar-lebar ;

  • pelaku memberi koran agar diklipping oleh korban. koran dibawa oleh korban keruangannya dan mulai mengklipping koran ;

  • pelaku hendak berangkat sermon lewat ruangan korban dan menyuruh korban untuk menutup pintu tapi korban menolak dan meminta pelaku saja yang menutup pintu ;

  • karena pelaku marah dan memaksa agar korban yang menutup pintu, akhirnya korban berdiri kearah pintu untuk menutup ;

  • setelah korban mendekati pintu, tiba-tiba pelaku berusaha menutup pintu dan kembali memeluk korban dengan kuat sampai korban sesak nafas, seraya mempigi buta menciumi pipi sambil
    berusaha mencium bibir namun tidak berhasil, sambil berkata : “mana bibirmu” namun tidak berhasil ;

  • korban berusaha keras meronta sambil menangis dengan menumbuk dada pelaku sambil berkata “jangan pak, tolong pak” namun pelaku tidak perduli ;

  • korban berhasil keluar dari pelukan pelaku dan terduduk di lantai sambil menangis, sementara pelaku langsung keluar untuk berangkat sermon ;

akibat yang dialami korban:

  • fisik : –

  • psikis : – ketakutan – trauma – depresi – tidak percaya diri – malu terhadap keluarga :

  • kehilangan kepercayaan terhadap pendeta dan institusi gereja

  • khusus terhadap anak korban : sejak kejadian jadi malas ke gereja karena merasa tidak ada gunanya;

  • upaya yang sudah dilakukan :

untuk kebutuhan korban:

  • penguatan dan pemulihan psikologis korban dengan menghadirkan konselor kerumah : konseling masih berlanjut hingga saat ini

  • memberikan buku-buku pendukung

  • penguatan anggota keluarga yang lain seperti suami dan anak ;

  • upaya penyelesaian :

  • setelah kejadian meminta salah seorang pendeta tertua di distrik untuk membantu membicarakan hal tersebut, namun tidak ada jalan keluar dengan alasan pelaku tidak mengakui

  • korban dan suaminya telah menyurati berbagai pihak yang berkompeten di hkbp antara lain :

  • ephorus hkbp, sekjend – hkbp, kepala departemen, ketua rapat – pendeta, sinode distrik, para pendeta di distrik x medan aceh tertanggal 18 mei 2007 namun tidak mendapatkan respon ;

  • pada tanggal 28 mei 2007 korban meminta bantuan hukum kepada lembaga penguatan anak dan perempuan [letare] dan secara resmi memberikan kuasa pada tanggal 29 mei 2007

  • praeses distrik x medan aceh mengirimkan surat panggilan kepada korban untuk melakukan klarifikasi atas surat tertanggal 18 mei 2007 namun korban tidak menghadiri dengan alasan bahwa yang bersangkutan tidak dapat meminta klarifikasi karena yang bersangkutan menjadi objek yang diadukan dalam surat [dijawab lewat surat oleh kuasa hukum]

  • kuasa hukum kembali menyurati pimpinan hkbp dan pihak-pihak lainnya tertanggal 31 mei 2007 untuk mempertanyakan tindak lanjut pengaduan korban, namun hingga kini tidak ada respon ;
    korban didampingi oleh kuasa hukum membuat pengaduan di poltabes medan tertanggal 06 juni 2007 dengan sesuai dengan stpl no.pol : lp/2017/vi/2007/ tabes dan kini dalam proses persiapan pemanggilan saksi-saksi ;

  • kekerasan terhadap perempuan didalam gereja studi kasus pelecehan seksual yang dialami oleh seorang calon pendeta di gereja hkbp

catatan penting ….

  • perjuangan korban murni untuk menuntut keadilan atas harkat dan martabatnya sebagai perempuan yang sudah dilecehkan, dan tidak ada motif lain diluar tersebut.

  • untuk adanya perbaikan ditubuh gereja hkbp agar lebih memberikan perlindungan kepada perempuan karena bukan tidak mungkin telah banyak yang menjadi korban namun tidak berani bersuara untuk menuntut karena malu dan trauma

  • gereja mampu bersikap tegas dan menghukum pelaku karena selama ini banyak pelaku malah dilindungi oleh pimpinan gereja ;

  • gereja dikembalikan kepada tugas panggilannya untuk menyatakan kebenaran dan keadilan dimuka bumi ;

  • kenapa perjuangan reni perlu didukung ?

  • agar hal yang sama tidak terjadi lagi kepada perempuan baik pendeta, pelayan gereja, istri pendeta, istri pelayan gereja maupun jemaat

  • sudah saatnya menyatakan: hentikan kekerasan kepada perempuan terutama
    didalam lembaga keagamaan/gereja

  • agar gereja mampu mengoreksi diri kedalam apakah tugas pelayanan dan panggilan sudah dijalankan sesuai dengan sumpah yang sudah diberikan

  • agar perempuan korban lainnya berani menuntut haknya seperti yang telah dilakukan reni;

  • keberanian untuk mengungkap kasus ini dengan menanggung rasa malu, dilecehkan, diberi stigma negatif, pertaruhan nama baik pribadi dan keluarga membutuhkan keberanian yang luar biasa;

  • tapi orang seperti reni sangat dibutuhkan sehingga lahir reni-reni yang lain yang mau berjuang untuk keadilan dan kebenaran;

  • oleh karena itu :

  • reni butuh dukungan dari kita semua untuk memperjuangkan hak-haknya sebagai korban pelecehan seksual, bagaimana sikap kita/anda?

  • jika anda bersedia mendukung, mohon menanda tangani surat terbuka yang ditujukan kepada pimpinan hkbp dan kapoltabes medan

  • mari bergandeng tangan untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan bagi perempuan di indonesia

jika anda ingin memberikan dukungan khusus, silahkan mengirimkan surat ke pimpinan pusat hkbp dengan alamat :

kepada yth : ephorus hkbp – jln. pearaja tarutung 22413 tapanuli utara telp. (0633) 21707 dan 21122 fax. (0633) 21596.

kepada kapoltabes medan : jln. hm. said no. 1 medan

atau kepada korban: reni elisabeth simanjuntak d/a : lembaga penguatan anak dan perempuan [letare] jln. air bersih no. 28 medan telp/fax : 061-7867610

secara pribadi saya harap teman-teman mau membantu meringankan beban korban dengan berpartisipasi secara langsung, telfon, maupun melalui e-mail ke pihak-pihak yg disebut diatas. apabila ada yg memiliki link ke komisi pembela hak perempuan juga mohon memberi sumbang saran dan informasi ke thread ini maupun kepada korban. terima kasih atas segala dukungannya.

semoga kekuatan tuhan yme menyertai reni elisabeth simanjuntak, dan kekuatan untuk membela perjuangan harga dirinya. hukum kebiri dan cambuk itu pelaku pelecehan adalah hukuman yg paling tepat!!!

…… and it think ms. reni simanjuntak don’t need a comment but she need a real support!

…… omaigat!!! cK…cK…cK!!

source: http://bincangprofesi.com/forum/index.php?topic=198.0

34 Comments »

  1. 1

    tell me how to support her, maybe you can show me or email me the-supporting-mail-sample …
    ::joerig – reborn: i’m so sorry, because from the source i can’t find that email? will you call them?

  2. 2
    masdhenk Says:

    bener nih…
    really? that must be a big news for media in Indonesia

  3. 3
    peyek Says:

    how can I know that this is the truth?

  4. 4

    Oooo ada juga ya kelakukan pendeta yang kayak begitu to….

  5. 5
    deKing Says:

    Sepakat dengan Jurig. Informasinya kurang lengkap

  6. 6
    Cakewalk Mania Says:

    Atas ogut ^ Kurang lengkap tae loe?! Ada no. telfon alamat nama jelas lengkap geto!!! Bukannya dukung malah ngebela si pendeta cabul, dasar!!! perjuangkan hak-hak perempuan!!!! hidup RENI!!!! :(((!!!! Please help reni!!!!

  7. 7
    Sotoy Says:

    Link u gak bisa dibuka, ini yg bener
    Pelecehan terhadap Pendeta Perempuan

  8. 8
    fatbee Says:

    ostowww phirloh… ‘turut ‘prihatin…

    trus sekarang gimana..?
    semoga bu reni-nya kuat dan tegar! 😥
    suami dan keluarganya tabah dan sabar! 😥

    pemimpin jahad semoga dibales dgn setimpal ama Allah Swt… 😥

  9. 9
    B'10$ Says:

    Berbicara lah dengan hati nuranimu, jangan hanya demi kepentinganmu. Saya sangat meragukan kejujuran dan kisah reni. Karena Reni memang penipu yang menyusup ke HKBP. Bagaimana seorang seperti reni yang merupakan anggota gereja yang lain bisa masuk menjadi CPDT di HKBP? Jawaban nya hanya satu, karena meerupakan penipu yang lihai.

  10. 10
    debata raj Says:

    Saya kenal betul HKBP, Saya warga HKBP pelaku perdamaian di HKBP Mr. Sirait itu memang punya penyakit kelainan itulah sisi positif saya, karena sebelum kejadian terhadap reni simanjuntak itu, yang namanya pendet midian sirait itu sudah juga berbuat cabul terhadap pemuda gerejanya di hkbp di daerah pulau jawa (maaf saya tidak memberitahu dimana tempat pasnya tapi yang pasti HKBP di Pulau Jawa. Walau begitu saya tidak keluar dari HKBP tapi, klo kamu kamu mau bersihkan HKBP mari respon, kita bersatu warga HKBP membersihkan HKBP. Aduh banyak kali rusaknya pelayan hkbp. lebih – lebih dari pelacur, pencuri, penindas. Semoga Yesus Sang Kepala Gereja Menyertai Perjuangan Warga HKBP.Klo Kawan-kawan respon mari kirim ke email saya younghkbp@yahoo.co.id

    ^
    @joerig & deking
    tuh udah ada emailnya……

  11. 11
    lukman arnold doloksaribu Says:

    satu kata untuk yang namnya penindasan,pelecehan seksual,pemerkosaan hak yang dilakukan oleh petinggi gereja : lawan,lawan dan lawan.Iblis harus kita kalahkan,HKBP harus dimurnikan,gaya pendeta harus dirubah,mereka sebagai hamba Tuhan harus berperilaku seperti hamba bukan seperti gaya birokrat di pemerintahan apalagi seperti gaya pejabat.Lihatlah gaya Ephorus Pdt.DR.Bonar Napitupulu,awal tahun ini bikin open house dlm rangka tahun baruan,tp ngundang para Bupati sekitar kantor pusat.Para Bupati dalam pertemuan tersebut menyumbangkan mobil,apakah perilaku seperti itu kita biarkan dalam tubuh HKBP,saya kira tidak dan untuk itu mari kita berjuang bersama perbaharuilah HKBP dengan roh kebaikan.untuk itu saya tawarkan kita bentuk organisasi perjuangan di HKBP dan kita jangan pernah pindah apalagi keluar dari HKBP,syaloom.

  12. 12
    lukman arnold doloksaribu Says:

    bagi teman-teman HKBP yang menderita akibat kelalaian pemimpin, kita wujudkan segera organisasi perjuangan HKBP supaya kita bisa memberikan pemikiran pada Synode Godang nanti,bertolongtolonganlah dalam menanggung bebanmu,ora et labora,syaloom.lukmandoloks@yahoo.co.id

  13. 13
    bejo Says:

    dikebiri aja pelakunya biar kapok

  14. 14
    bejo Says:

    Buat Ibu reni saya doakan biarlah Tuhan sendiri yang menguatkan ibu dan menghukum pelakunya .
    apa yang telah ditabur pasti akan dituai
    Tuhan memberkati ibu reni

  15. 15
    ferdinand Says:

    masa sih separah itu??
    ga dibesar2in tuch??
    koq smua situs nuLis haL yang sama???
    dengan bahasa, tuLisan, tanda baca sama semua..

    o,ya..
    1Lagi,,
    kaLau berita itu memang benar,,
    kenapa ya sipenuLis tidak mau memperlihatkan identitasnya??
    sekian..
    Tuhan Memberkati kita..

  16. 16
    Lambok Says:

    Saya mengenal HKBP.
    Saya sangat tidak setuju dengan cerita tersebut diatas.
    Sepengetahuan saya, Sdri. Reni sebenarnya telah melayani di gereja lain (bukan HKBP), sebagai guru jemaat.
    Yang saya herankan, mengapa Sdri. Reni bisa tiba2 masuk dalam staf distrik dengan status calon pendeta? Padahal untuk menjadi seorang calon pendeta tidak semudah itu. Saya curiga (tidak menuduh) ada orang yang bekerja pada posisi administrasi kantor pusat, yang memindahkan Sdri. Reni dengan sengaja untuk kepentingan pribadi.

  17. 17
    Lambok Says:

    Kepada penulis “st. darkness” (entah apa maksud namanya), jika anda membaca tulisan saya diatas, tolong dibalas.
    Jika anda memang benar, maka anda pasti tidak takut untuk berbicara dan menunjukkan identitas.
    Terima kasih,
    GBUs.

  18. 18
    Aron Marpaung Says:

    Kata Tuhan Yesus
    Kalau matamu yang kanan menyesatkan cungkillah dan buanglah daripada seluruh tubuhmu binasa,
    kalau gitu buat pa pdt mkhs ku kasih saran potong aja tanganmu daripada kau binasa…
    hehe

  19. 19
    amal Says:

    Nasibmulah reni..siapa suruh kamu dekat2 dengan midian eh..maaf mkhs,saya yakin kamu udah tau prilaku mkhs sebelumnya,kenapa ya sampai ngadu ke polisi segala,apa tidak ada pengadilan di HKBP……Saya udah lama dengar masalah ini,dan saya dengar pucuk pimpinan HLBP pun udah dapat laporan mengenai hal ini,..Yang saya heran kenapa hal ini tidak di beri perhatian serius,bukankah hal seperti ini (benar atau tidak tapi masalah ini ada,dan saya yakin peristiwa ini ada walau tidak percis seperti cerita dalam tulisan diatas) dapat mencoreng muka para pelayan di HKBP..kedua duanya di bebaskan dulu dari tugas pelayanan,korban di berikan semangat dan di bina,tersangka juga dibimbing dulu dan di bina kalau tidak bisa di bina ya binasakan(maaf sifat dan kelakuanya yg di binasakan,kalau fisik dan nyawanya biarlah urusan Tuhan kita)…..Bertindaklah ompung Ephorus dan bapak Sekjen…

  20. 20
    fuhrer Says:

    bukan kah yesus berkata kalau kamu pipi kirimu di tampar….berilah pipi kananmu,…

    kalau badanmu di remas berilah pantatmu juga supaya diremas juga,…

    ada apa dengan si reni….?
    apakah si reni ini pengikut setia yesus?

  21. 21
    susanto agus Says:

    Memang manusia punya sifat yang aneh,punya akal tapi tidak berakal,karena manusia itu mempuyai sifat yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain disebabkan oleh lingkkunngan yaitu latar belakang ,pendidikan , tingkat sosial n dan jabatan , semuanya itu tidak akan bisa mengendalikan nafsu.kecuali manusia itu masih punya iman, dan yang bisa menjaga iman itu, hanyalah sholat dan puasa.
    Maka kalian coba puasalah demi agamamu supaya kamu tercapai ahlak yang mulia.rajin-rajinlah bertobat. kepada tuhan mu.se-segera mungkin dan setiap saat perbaharuilah tobatmu itu dengan sholat ( doa ) kepada uhanmu.

  22. 22
    FREYA Says:

    Jika kebenaran duniawi yang dicari,Bu Reni lapor saja ke Polres. Jika kebenaran ILLAHI yang ingin diingini, pandang salibNYA. Pembalasan adalah hak ALLAH. Semoga Tuhan Jesus memberi kekuatan dan perlindungan.Amin.

  23. 23
    rgrr Says:

    Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Pemurah, dari Muhammad, Rasulullah, untuk Heraklius, Penguasa Romawi. Salam sejahtera semoga selalu terlimpah kepada orang-orang yang mau mengikuti kebenaran. Sesungguhnya aku bermaksud mengajakmu memeluk Islam. Masuklah Islam, niscaya kamu akan selamat. Masuklah Islam niscaya Allah akan menganugerahimu dua pahala sekaligus. Jika kamu berpaling dari ajakan yang mulia ini, maka kamu akan menanggung dosa seluruh pengikutmu. Wahai Ahli Kitab, marilah kepada suatu kalimat ketetapan yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita mempersekutukan Dia dengan sesuatu pun dan tidak pula sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain daripada Allah. Jika mereka berpaling maka kataka! ! nlah kepada mereka: Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang menyerahkan diri kepada Allah) (QS Ali Imran : 64).” Diriwayatkan dalam hadist sahih Imam Muslim 3322.

    *Bismillaahir Rahmaanir Rahiim

    Dari Muhammad Rasulullah saw. kepada Najasyi Ash-ham raja Habasyah

    Salam sejahtera bagimu

    Aku memuji engkau kepada Allah Yang Maha Suci lagi Perkasa, dan aku bersaksi bahwa Isa a.s. adalah ruh Allah dan kalimah-Nya yang dicampakkan kepada Mariam seorang perawan suci, bersih, dan terjaga. Mariam mengandung Isa a.s. Kemudian Allah menciptakan Isa a.s. dari ruh-Nya dan ditiupkan-Nya ruh itu (ke dalam jasadnya) sebagaimana Adam a.s. yang diciptakan Allah langsung dengan Tangan-Nya dan ditiupkan-Nya ruh (ke dalam tubuhnya). Kini aku mengajak engkau (untuk menyembah) Allah Yang Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya dan terus-menerus mentaati-Nya serta mengikuti aku. Juga engkau mempercayaiku dan ajaran-ajaran yang diturunkan-Nya padaku bahwa aku adalah utusan-Nya. Aku telah mengutus kepadamu keponakanku yang bernama Ja’far bersama serombongan kaum muslimin. Apabila mereka telah sampai ke hadapanmu, maka layanilah mereka sebaik-baiknya dan tinggalkanlah kesombongan. Aku mengajak engkau dan seluruh tentaramu kepada (agama) Allah. Sungguh telah aku sampaikan risalah dan nasihatku, maka terimalah ajakan dan nasihatku ini!”

    Salam sejahtera bagi siapa saja yang mengikuti hidayah

    * surat Rosulullah SAW. kepada Kisra, melalui jalan Ibnu Ishaq yang
    isinya; Dengan Menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha
    Penyayang. Dari Muhammad utusan Allah untuk Kisra Penguasa Persia!
    Keselamatan bagi orang yang mengikuti petunjuk, beriman kepada Allah
    dan Rosul-Nya, bersaksi tiada Tuhan kecuali Allah semata yang tida
    sekutu bagi-Nya dan Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Aku ajak
    kamu dengan ajakan Allah, aku utusan Allah untuk seluruh manusia,
    supaya aku memberi peringatan orang yang hidup dan berkata benar kepada
    orang-orang kafir. Jika mau masuk Islam kau selamat, dan jika enggan
    maka kau menaggung dosa orang-orang Majusi.

    Demikian sejarah dari surat ini yang dikirim oleh nabi kami kepada mereka para penguasa, maksud dan tujuan kami adalah menyampaikan ilmu, semoga kamu mendapat hidayah dan petunjuk

  24. 24
    Satan Says:

    Saya berterimakasih kepada Saudara/ Saudari rgrr terhadap komentarnya. Saudaraku, mari kita penggal kepala orang Nasrani, PENGGAL MEREKA!! Insya Allah, kita mendapat bidadari secantik Luna Maya di Jannah kelak………………………….ANJING NASRANI!! Jihad Fi Sabillah, serukan itu ke muka dunia, agar dunia tahu bahwa kita memang memiliki God Of Brutallity yang SESUNGGUHNYA………………………………….:)

  25. 25
    Horney_Paul Says:

    Suasana peribadatan di gereja…

    “Haaaleluya.. crot(pak pendeta “keluar”)..haaleluyaa..crooot.! Haaleeluuyaa…aaww! (suara bocah kesakitan disodomi)..haaleluyaa..iiihh!(biarawati digerayangin).

  26. 26

    emang tuh bener ceritanya? sebagai orang percaya Yesus… seharusnya kitaikutin teladan Yesus! kalo gw ketemu pendeta kaya gitu! gw sunat di tempat tanpa bayar perpuluhan! alias geratis!

  27. 27

    pendeta gitu musti dimasukkin kolam lintah aja..tapi bu Reni jangan sampai berkhianat masuk Islam gara-gara peristiwa ini..islam tuh keparat!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    tukang jagal, pemerkosa, mustinya kita orang Kristen bikin perang salib aja di Indonesia..mereka cuma perang buat dapat bidadari pelacur!!!!!!!! dasar gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…ayo umat Kristen jangan mau tunduk pada Islam!!!!!!!!!!!!!!!!!!! hancurkan merekaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!

  28. 28
    ompung doli Says:

    ayo-ayo cucu ku jangan menebar fitnah
    jangan menyinggung agama lain
    ingat !!!menabur angin akan menuai badai
    ingat!!!!!!! dosamu akan diperhitungkan pd keturunanmu yg ke 3 sampai ke 4.

  29. aku jadi heran, kenapa kalian begitu ngotot berantam di media internet ini. Tidak perlu lah kita ribut-ribut terhadap hal-hal yang tidak substansif. Jadi sesama umat beragama jangan saling menyerang dan mempropaganda kemusuhan, itu hanya ulah para teroris yang ada di Afghanistan, Palestina, Irak dan lain-lain. Terhadap Midian Sirait, buatlah pernyataan bertobatmu…

  30. 30
    Ridwanto Says:

    Indonesia ini tidak akan maju jika kita selalu saling menyalahkan..
    lihat Papua msih tertinggal, lihat Nusa Tenggara kekurangan air, lihat kota Jakarta yg selalu kita banggakan sekarang menjadi langganan banjir, dan masih bnyak lagi yg lebih hancur di negara ini yang perlu kita perbaiki, mari kawan tidak waktunya lagi membicarakan apa agamamu atau agamaku yang benar,.. Indonesia membutuhkan kamu, aku dan kita semua untuk membangunnnya kembali, Ibu Pertiwi sedang menangis melihat semua ini, hapuslah air matanya.. mari hapus air matanya..

  31. 31
    Bang Horas Sianipar Says:

    Salooom,
    Hidup ini kita ndak tahu kapan kita harus istrirahat? kalau di kaji2 masih banyak potensi yg kita miliki dalam menemukan jati diri dan kekayaan, ketika kita berdiri di dua pilihaan dan hanya satu yg kita pilih : karir dan uang? mana yg kita pilih? sama juga kita memilih satu pilihan dan harus meninggalkan anatara satu ini :Agama dan karir + uang?? pasti susah untuk jawabnya…Pendeta berbicara selalu yg benar bila menggunakan ayat2 Alkitabiah tapi bilah berbicara tidak pakai ayat2 Alkitab apa benar diluar gereja?? kita sudah tertipu…lebih baik kita tinggalkan keributan agamais karna agama jauh terbelakang dari kehidupan modren yg mementingkan kekayaan…anda punya uang pasti dihormati baik di masyarakat dan di gereja apalagi di organisasi…topeng monyet sudah tampil di dunia politik seperti para artis2 yang mau caleg dan orang koruptor makin bertambah..apakah negara ini perlu diganti lambang simbolnya dan azas dasar negaranya??? mari kita mernungkannya…Gbu

  32. 32
    ijrsh Says:

    Bertindaklah untuk kebenaran

  33. 33
    Matrix Says:

    Nggak oknum Pendeta nggak oknum Ustadz, belum Ferry Surya Prakasa yg ngaku seorang Biksu …………. kapan Indonesia bisa Maju kalo Ribut terus Soal Agama.indonesia kan negara hukum ndak usah di tutup tutupi mau dia Kristen,Islam,Budha kalo mental pemerkosa ya d penjara,Mau dia Pendeta,Ustadz,Biksu …kalo cabul ya hukum saja.??????

  34. 34
    Rudi Says:

    Fitrah manusia diciptakan berpasangan-pasangan adalah agar mereka bisa saling mengenal dan menikah. Jd untuk apa menahan diri dari pernikahan kalo akhirnya menyalurkan hasrat seksualnya seperti pdt tsb… menikah sajalah P Pendeta biar ga liar……


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: