berita basi – jadi saksi

paus johannes paulus prihatinkan pelanggaran seks di gereja-gereja amerika

vatican_seal_150.jpgpaus johannes paulus dilaporkan sangat prihatin karena adanya pelanggaran seksual yang dilakukan oleh pastor-pastor amerika. kata uskup amerika wilton gregory yang mengadakan pertemuan dengan paus di roma hari ini, skandal seks yang menyangkut para pastor katolik itu merupakan pokok pembicaraan selama seminggu di vatican. kata uskup gregory, paus tidak membicarakan seruan-seruan supaya kardinal bernard law dari boston mengundurkan diri. kardinal law dituduh telah memindahkan pastor-pastor dari satu paroki ke paroki lainnya kendati mereka diketahui telah melakukan pelanggaran seksual terhadap anak-anak.

vatikan keluarkan kebijakan baru pulihkan kepercayaan publik soal skandal seks

17/04/2002

tokoh-tokoh gereja katolik amerika yang dipanggil untuk pertemuan dua hari minggu depan di vatikan, akan diberi garis-garis kebijaksanaan baru untuk memulihkan kepercayaan publik kepada gereja katolik amerika yang sedang goncang karena terjadinya sejumlah skandal seks. paus johannes paulus memanggil sejumlah pejabat tinggi gereja amerika itu untuk membahas tanggapan gereja atas krisis moral itu. pejabat gereja katolik amerika dituduh menutup-nutupi pelanggaran seksual yang dilakukan oleh sejumlah pendeta terhadap anak-anak dibawah umur.

sumber: voa indonesia

seorang uskup buka pelecehan seksual di gereja
kamis, 12 januari 2006 | 14:38 wib

tempo interaktif, detroit: uskup thomas gumbleton dari detroit, amerika serikat, mengaku mengalami pelecehan seksual oleh seorang pendeta, 60 tahun lalu. Ia kini mengkampanyekan penghapusan batasan waktu bagi korban pelecehan seksual untuk mengajukan penuntutan terhadap pelakunya.

“saya berbicara berdasarkan pengalaman sendiri, yang saat berusia belasan tahun diperlakukan secara tidak senonoh oleh seorang pendeta,” kata gumbleton, 75 tahun, dalam pengakuan tertulisnya, rabu waktu setempat. ia diyakini menjadi uskup pertama yang mengaku sebagai korban pelecehan seksual oleh gereja.

ia juga menulis bahwa kemungkinan besar ada banyak pelaku pelecehan yang belum diungkap. satu-satunya jalan untuk membongkarnya, kata dia, melalui pengadilan.

ia mengajukan proposal ke beberapa negara bagian agar menghapus batasan waktu pengajuan tuntutan hukum, yang dinilainya menghalangi para korban untuk menuntut gereja.

gumbleton menyatakan kepada harian washington post bahwa pengalaman dirinya menunjukkan betapa para korban tak bisa menuntut berdasarkan batasan waktu kadaluarsa itu. di banyak negara bagian, batasan pengajuan tuntutan berkisar 2-5 tahun setelah kejahatan dilakukan.

dalam wawancaranya dengan post, gumbleton mengaku mengalami pelecehan pada 1945. ia saat itu siswa tingkat ke-9 sacred heart seminary, detroit. “seperti yang sering terjadi,” katanya, “sang pendeta mengundang saya dan anak-anak lain ke kamarnya di akhir pekan.”

dituturkannya, sang pendeta awalnya menggumuli seorang anak. ia lalu memasukkan tangannya ke celana pendek anak-anak itu.

gumbleton menolak menyebutkan pendeta yang ia maksud. ia hanya memastikan bahwa pendeta itu sudah meninggal 10 tahun lebih. ia pun mengaku tak pernah menceritakan pengalaman itu kepada orang tuanya. ap/cnn

12 Comments »

  1. 1
    Junarto Says:

    Pendeta, pastur, kiai, ustad, biksu, adalah juga manusia biasa yang berjuang mengendalikan dirinya. Seperti kita, kadang menang, tapi kadang kalah terpedaya iblis. Yang dicintai Tuhan adalah hamba yang selalu bertobat, minta pengampunan kepada Dia setiap saat.

  2. 2
    awam Says:

    ia manusia bisa salah……..

  3. 3

    harusnya pendeta/paus itu menikah, karena manusia telah diciptakan tuhan dengan dilengkapi LIBIDO (nafsu thd lawan jenis).
    yesus tidak menikah karena pada umur 33 tahun dia mati disalib oleh tentara romawi dan anteknya imam caiphas

    meskipun menurut da vinci code novel yesus itu menikah dan punya keturunan

  4. 4
    Catshade Says:

    @bang mandor:
    tidak ada yang memaksa seseorang untuk jadi pastor. mereka bisa keluar kalau mereka tidak tahan. lagipula, butuh 10 tahun lebih untuk menjadi seorang pastor. saya rasa rentang waktu segitu sudah lebih dari cukup untuk mikir2 dan mempertimbangkan keputusan menjadi seorang pastor berikut segala konsekuensinya.

  5. 5
    banzai Says:

    setuju catshade….
    bang mandor.. bang mandor….
    tuh bangunannya ambruk.. makanya jangan korupsi muluw….
    tukang korupsi mikirin yesus? .. majenun ntar ente… wekekekekek…..

  6. 6
    mina mina Says:

    sejatinya manusia itu memang butuh menikah 🙂

  7. 7

    @banzai:

    lho yesus juga waktu hidup, ini gw baca di injil, ngurusin masalah korupsi dan para tukang cukai.

    yesus kan bilang ke para imam/saduki/farisi bahwa mereka ular beludak, makan harta para jemaah…

    gw sendiri sih muslim!

  8. 8

    @catshade:

    well, yesus kan seorang yahudi/pengikut taurat.

    inilah mengapa di injil tidak ada hukum perkawinan, dagang dll, karena yesus mengacu ke taurat.

    kebiasaan yahudi/taurat setahu gw tidak mengenal praktik hidup sendiri (istilahnya selibat kali ye?!), malah banyak orang suci di taurat istrinya lebih dari satu, sebut saja: yakub 12 orang istri, solomo ratusan istri.

    jadi praktek tidak menikah menurut saya bukan ajaran yesus/yahudi.

  9. 9

    sorry, ralat: yakub punya 4 org istri, 12 org anak….

  10. 10

    Udah jangan diterusin….
    Coba kita hargai sodara kita yg nasrani.

    Kalo udah debat keyakinan gini, pasti kristiani yg paling apes……..
    So, udah, stop aja.

  11. 11
    wong ndeso Says:

    saya bingung dengan kalian. kenapa berdebat kusir?ga ada gunanya. yang penting kalian sudah tahu perbuatan itu ga benar. seorang pastur, pendeta, kyai, ustad atau biksu memang manusia. ga bisa luput dari dosa. yang penting liat diri sendiri kaya gitu ga?????ga usah memperdebatkan yang sebenarnya kalian sendiri juga ga ngerti. apalagi sampai membawa-bawa agama kaya gini. ada Tuhan yang akan mengadili nanti. atau kalian cita-citanya ga kesampaian jadi hakim ya?:p

  12. 12
    jianchukkoen Says:

    jianchuk……jianchuk bener kelakuan tuh pastor….
    makanye jangan bikin ajaran sendiri lah. Ajaran yg nggak mbolehi nikah itu ajaran siapa? lha wong Yesus aja menikah kok (ini menurut kajian ilmiah sejarawan eropa kontemporer).
    Kalo nggak nikah …. nggak mungkinlah bisa ngendaliin tuh kontol …. itukan kodrat……


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: